Skip to content

Surat Peringatan Untuk Coca-Cola

Desember 27, 2008

cocacolaWASHINGTON — Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat melayangkan surat peringatan kepada perusahaan soft drink terkemuka, Coca-Cola Company. Pasalnya, salah satu produk Coca-Cola yang dilabeli sebagai minuman Diet Coke Plus dianggap telah membohongi publik.

Terutama terletak pada pemakaian kata “Plus”. Coca-Cola menerjemahkan kata plus itu sebagai minuman diet yang kaya dan vitamin dan mineral. Padahal menurut FDA, minuman tersebut tak mengandung cukup nutrisi sehingga layak menyandang kata plus.

Setiap produk makanan atau minuman yang ingin mencapkan kata plus, setidaknya harus mengandung 10 persen nutrisi lebih banyak dibandingkan produk sejenis lain. “Kami harap label (pada minuman) Diet Coke Plus mematuhi kebijakan dan regulasi FDA,” kata juru bicara FDA, Scott Williamson seperti dilansir Associated Press Rabu 24 Desember 2008.

FDA mengultimatum Coca-Cola mencabut label tersebut paling lambat 15 hari sejak surat dilayangkan (10 Desember, jatuh tempo kemarin, 25 Desember). Coca-Cola menyatakan baru akan merespon ultimatum FDA tersebut pada Januari. Namun sama sekali tak berencana mencabut label yang tertera pada produk yang telah dilempar ke pasar.

Perusahaan berbasis di Amerika Serikat tersebut meluncurkan minuman Diet Coke Plus pada Maret 2007. Disebutkan sebagai minuman bebas kalori dengan ekstra vitamin dan mineral. Menurut situs perusahaan, produk tersebut mengandung vitamin B, zinc dan mineral.

FDA secara regular bakal mengeluarkan surat peringatan kepada perusahaan yang tak patuh pada regulasi pabrikan dan pemasaran yang ditetapkan. Meski tak berkekuatan hukum, lembaga tersebut bisa memerkarakan perusahaan yang bandel ke pengadilan. (ape)

Sumber : Fajar Online

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: