Skip to content

Tips Sukses Menghadapi Kegagalan

Juni 30, 2008

Nah… ini lagi salah satu asyiknya belajar internet marketing di Asian Brain IMC . Dengan bergabung di Asian Brain IMC selain mendapatkan materi pelajaran dari Ibu Guru Anne Ahira, kita juga belajar lewat Forum Asian Brain , disini kita bisa bertanya ke anggota forum lainnya dan share dengan mereka. Bisa nambah ilmu dan saling menyemangati dan memotivasi.

Ini salah satu artikel yang di posting oleh seorang member Asian Brain , silahkan disimak ya …🙂

1. Bersikap dan berpikir Positif terhadap Kegagalan
Ingat! kegagalan bukanlah suatu yang harus ditakuti. Tanpa ada sikap positif, Anda akan semakin stress setelah mengalami kegagalan. Anda seakan kehilangan energi untuk bangkit kembali karena selalu dibayang-bayangi takut gagal. Dengan bersikap positif, Anda mampu memandang suatu kegagalan sebagai peristiwa hidup yang harus dialami (proses kehidupan). Dengan demikian, mental Anda akan semakin kuat. Percayalah pasti ada sebuah hikmah dari sebuah kegagalan.

2. Mencari penyebab Kegagalan
Renungkan diri sendiri, apa yang menjadi penyebab Anda gagal? Secara umum, ada dua faktor utama penyebab kegagalan, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri sendiri. Ada kalanya Anda kurang memiliki semangat dan motivasi dalam mengerjakan sesuatu atau mungkin Anda tidak disiplin dan ceroboh dalam bekerja. Jika Anda menyadari penyebab internal ini, maka harus Anda sendiri yang merubahnya. Ingat! sukses atau tidaknya Anda dimulai dari dalam diri sendiri, jika Anda bisa memotivasi diri sendiri, selanjutnya Anda akan lebih ringan melangkah. Sedangkan faktor Eksternal merupakan faktor penyebab di luar diri sendiri. Misalnya kurangnya dukungan dari orang terdekat, pesaing yang terlalu banyak dan ketat, atau kurangnya fasilitas, dll.

3. Atasi Kegagalan
Setelah mengetahui penyebab kegagalan, Anda harus segera mencoba mengatasinya. Tidak perlu harus mengatasi semua penyebab kegagalan sekaligus, ada baiknya dilakukan secara bertahap tetapi pasti. Prioritaskan penyebab utama, kemudian penyebab lainnya. Karena itu, buat catatan tentang hal-hal yang sering membuat Anda gagal, apakah faktor internal atau eksternal (buat skala prioritas). Jangan mencari kambing hitam dalam mencari penyebab kegagalan Anda.

4. Gali kekuatan Diri
Selain mencari penyebab kegagalan, catatlah apa saja kekuatan dan potensi diri Anda, baik yang tersembunyi maupun yang nampak. Coba gunakan kekuatan dan potensi Anda secara maksimal. Galilah potensi-potensi tersembunyi Anda yang masih bisa dikembangkan. Jika Anda bisa mengembangkan potensi Anda dengan baik, maka sukses takkan jauh – jauh dari Anda.

5. Tangkap Peluang
Jangan hanya diam merenungi nasib. Anda harus jeli menangkap peluang atau kesempatan. Ingat, Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan itu jika Anda sendiri tidak pernah berusaha mencarinya. Begitu Anda tahu ada peluang, tangkaplah peluang tersebut, jangan tunggu sampai besok.

6. Trial and Error
Untuk meraih kesuksesan Anda perlu melakukan trial and error . hal ini merupakan salah satu tolak ukur untuk menggapai kesuksesan. Tinggal sejauh mana kita mau dan berani mencoba kembali kegagalan itu. Sebelum mencoba lagi, pikirkan masak-masak langkah yang akan ditempuh. Kalaupun terjadi kesalahan kembali, jangan ragu-ragu melakukan perbaikan dan terus mencoba sampai Anda berhasil mengatasinya. Kunci utama trial and error adalah kerja keras dan tetap semangat.

Dengan demikian berarti Anda sudah berdamai dengan kegagalan. Selanjutnya, kegagalan bukan lagi momok yang menakutkan, melainkan sesuatu yang harus dihadapi dan dilawan agar kegagalan itu tidak menggerogoti hidup Anda.Semoga Bermanfaat…..

Kris

13 Komentar leave one →
  1. anti permalink
    Juli 1, 2008 1:44 pm

    tambahan mengatasi kegagalan:
    ” Mencari pendamping sebagai pendorong biar kegagalan tidak terjadi, hehehhe……!”

    kegagalan adalah bunga-bunga kehidupan.
    tanpa kegagalan, kita tidak mengetahui apakah kita sudah sukses atau belum.

    piss…….

  2. Juli 1, 2008 2:14 pm

    @ anti

    Thank you.. udah nambahin satu tips lagi🙂 . Tapi kayaknya Tips ini tidak berarti kegagalan tidak akan terjadi lagi.
    Tapi setidaknya jika bisa dilaksanakan secara kompak dengan si pendamping, tentunya kegagalan bisa di minimalisir.. hehe.

    Yup… setuju dengan bunga-bunga kehidupannya🙂

  3. September 15, 2008 11:52 am

    Mas atau pak ya manggilnya..mas aja dch..
    Mas trima kasih atas artikelnya,stidaknya bs membakar kembali semangat sy,yg skrng ini sedang kendor..karena saat ini sy sdng mencoba mengintrospeksi kegagalan yg sy alami untuk melanjutkan kuliah..y,sy thun ni lulus dri SMA dan thun ni jg sy blum dtrima d PTN/PTS manapun..

    Mas,sy mau meminta kesedian mas untuk memberikan saran kepada sy untuk menghdapi kegagalan ni,karena terkadang rasa bosan,jenuh dan yg lbh parah,mengkambing hitamkan seseorng atas kegagalan sy,$ring skali muncul..tolong saranY y mas!!

  4. Oktober 8, 2008 10:24 pm

    @Oghib

    Panggil Mas atau Pak terserah deh🙂
    Semangat memang bisa kendor, tapi jangan sampai kendor terus. Usaha yang adik lakukan dengan introspeksi kegagalan itu bagus.
    Jadikan kegagalan sebagai pelajaran, agar tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.

    Perbaharui selalu semangat adek dengan membaca buku-buku yang berguna atau artikel-artikel yang banyak bertebaran di internet.

    Sarang saya… jangan mengkambing hitamkan seseorang atau terlalu memvonis seseorang jika kita mengalami kegagalan. Walaupun mungkin memang secara nyata penyebabnya adalah seseorang. Miliki rasa memaafkan, dan perasaan besar hati untuk menerima kegagalan yang kita terima.

    Saya kira itu sedikit yang bisa saya beri saran. Saya sendiri buka seoarng motivator atau psikolog🙂
    Tapi setidaknya bisa memberikan sedikit masukan.

  5. adi permalink
    Maret 13, 2009 1:43 am

    Alhamdulillah stelah saya membaca artikel ini .
    Perasaan saya terasa menggebu-gebu tuk mulai bangkit .
    Mungkin kegagalan saya sangatlah pait untuk saya .
    Saya keterima di salah 1 universitas d luar negeri tp saya gagal untuk pergi kesana .
    Mungkin jg sebelumnya saya mengkambing hitamkan ortu saya gara” kurang merespon saya yg akan pergi k luar negeri tp stelah saya baca artikel ini ternyata saya tdk boleh mengkambing hitamkan org .
    Benar jg,,di balik kegagalab saya . Saat ini saya sangat senang dengan adanya hikmah di blaik kegagalab saya .
    Alhamdulillah sekali walaupun terkadang saya slalu teringat dengan gagalnya saya tp saya akan melupakan kegagalan itu tuk meraih suatu jalan terang menuju keberhasilan .
    Terima kasih artikelnya .
    Cukup bagus untuk saya pelajari .

  6. selvi permalink
    Maret 15, 2009 12:44 am

    Kegagalan adalah sesuatu yang sangat menyakitkan. Tetapi, dengan kegagalan ini pula kita bisa belajar banyak, menguji seberapa kuat mental kita dan seberapa tangguh kita untuk bisa melewatinya. Kegagalan membuat kita untuk lebih berhati-hati dalam bertindak.

  7. Mei 20, 2009 3:59 pm

    Kegagalan adalah batu loncatan menuju sukses. Jangan dikira Orang yang sudah sukses besar tidak pernah mengalami kegagalan.

  8. September 13, 2009 12:32 pm

    kegagalan adalah sukses yang tertunda..yang terpenting adalah konsisten, pantang menyerah dan terus bertahan. Di saat kita mengalami kegagalan teruslah mencari potensi untuk bangkit untuk melangkah setapak demi setapak menuju ke gerbang kesuksesan.

  9. inem permalink
    November 5, 2009 7:50 pm

    aqw br aj gagal d sidang akhir skripsi 2hr lalu.slhqw krn ad p0int penting yg krg aqw kuasai, naasny justru it p0int terkuat yg dkuasai d0sen penguji.. jadilah aqw gagal pd prtnyaan trakhir saat sidang,n aqw skrg nyerah untk maju lagi,aqw brfkir untk pndah PTS swasta yg ktnya gampang untk lulus, lalu aqw ingt kdua org tuaqw yg sgt aqw cintai, supp0rt mreka yg sll mmbsrkn htqw qn qw prtimbgkn untk maju, tp batin msh sgt rapuh

  10. Virginia Angelivi Tompodung permalink
    September 17, 2011 2:59 pm

    Makasiih eea ataszz sarannya .,
    Sngt2 berguna dan membangun semangat kembali untuk tetap berkarya demi masa depan yang cerah .

    Tuhan Yesus Memberkati🙂

  11. September 18, 2011 8:24 am

    Terima kasih kalau artikel ini bisa berguna buat anda.🙂

  12. dey permalink
    April 3, 2012 10:43 am

    kegagalan ibarat obat yang menyembuhkan, maka yakinlah setelah kegagalan akan ada kesuksesan dan yang terpenting orientasi adalah proses menuju kesuksesan yang kita harapkan.

Trackbacks

  1. TriWahyudi.Com | Dari kata sukses dan gagal itu mana yang anda paling suka?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: