Skip to content

Kenapa Network Marketing?

September 14, 2007

KENAPA NETWORK MARKETING?

3People“KEUNGGULAN BESAR” bisnis pemasaran jaringan adalahAnda tetap bisa bekerja dan sekaligus membangun bisnis sendiri secara paruhwaktu.

Investasi dan resikonya juga jauh lebih KECIL serta tersediapendidikan dan dukungan yang membimbing Anda meraih kesuksesan. Selain itu,sistem pemasaran jaringan adalah PIRAMIDA TERBALIK sehingga puncak sistemnyaterbuka bagi siapa saja. Tidak seperti sistem korporat tradisional yangberbentuk piramida, yang hanya mengijinkan satu orang mencapai puncakperusahaan.

“(Robert T. Kiyosaki, “Rich Dad’s The Business School For People WhoLike Helping People”) >>> Bisnis network marketing atau pemasaranjaringan ternyata memiliki BANYAK keunggulan besar. Bahkan penulis bukuterkenal “Rich Dad Poor Dad”, Robert T. Kiyosaki, meruntuhkanprasangka banyak orang selama ini yang menganggap bisnis pemasaran adalahbisnis bersistem piramida yang hanya menguntungkan orang yang berada di puncakbisnis tersebut.

Dalam bukunya, “Rich Dad’s The Business School For People Who Like HelpingPeople” Kiyosaki justru menyatakan sistem pemasaran jaringan adalahpiramida terbalik. Artinya, fokus utama bisnis ini adalah membawa makin banyakorang di kuadran business owner menuju puncak atau dengan kata lain puncaksistem terbuka bagi siapa saja.

Sebaliknya, sistem korporat tradisional yang selama ini kita kenal, justruadalah perusahaan dengan sistem piramida. Dalam bisnis tradisional ini,fokusnya adalah memiliki para karyawan (employee) dan orang yang bekerjasendiri (self-employee) untuk bekerja pada mereka. Dan sistem ini hanyamengijinkan satu orang saja mencapai puncak perusahaan. Sedangkan pada sistempemasaran jaringan, yang menjadi salah satu kelebihannya adalah Andalah yangakan menciptakan aset. Yaitu, para pemilik bisnis sendiri (business owner) yanglain bekerja di bawah Anda dan tugas mereka kemudian adalah menciptakan parabusiness owner lainnya bekerja di bawah mereka.

Karena itu, Kiyosaki menganjurkan kepada semua karyawannya untuk mempertimbangkanpemasaran jaringan sebagai bisnis paruh waktu mereka, sementara mereka jugabekerja pada bisnisnya secara purna waktu. Hal ini berarti bisnis pemasaranjaringan mengijinkan setiap orang yang terlibat di dalamnya berada di dalamkuadran B (business owner), sekaligus juga berada di kuadran E (employee).Kuadran B ini sering disebut-sebut Kiyosaki di seri buku-bukunya terdahulusebagai kuadran yang bisa membawa orang menjadi ultrakaya.

Untuk menjadi orang yang ultrakaya, menurut Kiyosaki, seseorang harus terlebihdahulu berada di kuadran B (business owner) dan I (investor). Namun biasanyahanya orang-orang kaya sajalah yang bisa berada di kuadran I. Karena untukmemperoleh investasi terbaik dibutuhkan uang yang sangat banyak. Sedangkanuntuk berada di kuadran B, seseorang harus memiliki modal yang besar, dasarkarakter dan kecerdasan emosional yang sangat bagus.

Artinya jika seseorang ingin berpindah dari kuadran E menuju kuadran B,maka diamembutuhkan perubahan secara mental, emosional, fisik dan spiritual. Karenaitulah, Kiyosaki menyatakan mengapa rancangan pendidikan sebuah perusahaanpemasaran jaringan lebih penting dibandingkan produk dan rancangankompensasinya.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan Kiyosaki terhadap pebisnis-pebisnissukses, faktor karakter dan kecerdasan emosional adalah faktor utama kesuksesanmereka. Begitu mereka memiliki karakter sebagai orang sukses, maka kesuksesanbisnis datang dengan sendirinya. Karena itulah, Kiyosaki menyarankan oranguntuk memasuki bisnis pemasaran jaringan yang menyediakan pendidikan yang bagusuntuk mengembangkan kecerdasan emosional, sekaligus keahlian bisnis Anda.

Di samping itu, bisnis jaringan juga mendidik orang yang bergabung dengan merekauntuk menjadi pemimpin. Nilai kepemimpinan inilah yang dinilai Kiyosaki begitusangat berharga dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun selain itu juga, Andaakan didampingi mentor yang akan selalu membimbing Anda, sehingga Anda tidakakan pernah merasa sendirian dalam menjalankan bisnis ini.

BERUBAHNYA ATURAN DUNIA

Selain kelebihan pendidikan pembangunan karakter dan kecerdasan emosional,kelebihan lainnya dari bisnis pemasaran jaringan ini adalah investasi danresikonya LEBIH KECIL dibandingkan bisnis tradisional. Karena, seperti Kiyosakisaja harus menghadapi kegagalan dua kali dan kerugian ratusan ribu dollarsebelum memperoleh kesuksesan seperti sekarang. Namun, Kiyosaki mengingatkanuntuk BERHASIL di bisnis pemasaran jaringan ini, sebaiknya motivasi utamabergabung dengan bisnis ini adalah untuk membantu diri sendiri sebagai ALASANPERTAMA dan membantu orang lain sebagai ALASAN KEDUA.

Karena menurut Kiyosaki, kebanyakan orang bergabung hanya untuk mencari uang.Dan kalau mereka tidak mendapat uang dalam beberapa bulan atau tahun pertama,mereka menjadi patah semangat, berhenti dan sering kali menyebarkan kejelekantentang industri pemasaran jaringan.

Kiyosaki juga menambahkan. “keunggulan bisnis ini tidakdiukur dengan seberapa banyak uang Anda peroleh, tetapi berapa banyak orangyang Anda bantu dan berapa banyak hidup orang yang Anda ubah. Karena memangironinya, semakin banyak orang yang Anda bantu mengubah hidupnya, Anda semakinkaya.”

Salah satu teori yang mendukung keunggulan bisnis pemasaranjaringan ini adalah HUKUM METCALF yang diciptakan oleh Robert Metcalf, penciptaethernet (sebuah sistem dalam jaringan komputer). Hukum ini berbunyi :>>Nilai ekonomis sebuah jaringan = Jumlah Pengguna²>>

Dalam sebuah perumpamaan yang sederhana, jika di dunia ini terdapat hanya satubuah telepon maka tidak ada nilai ekonomis pada telepon tersebut. Namun jikaada 2 telepon, menurut Hukum Metcalf nilai ekonomisnya menjadi pangkat 2. Danbila ada telepon ketiga, maka nilai ekonomis jaringan itu sekarang 9. Artinya,nilai ekonomis sebuah jaringan naik menurut DERET UKUR, bukan deret hitung. Daninilah yang menjadi kekuatan dan nilai bisnis jaringan.

Namun, dari semua keunggulan tersebut, yang palingmengejutkan adalah prediksi diungkapkan oleh Kiyosaki dalam bukunya “RichDad’s The Business School For People Who Like Helping People”. Kiyosakimemprediksikan kemungkinan kuat pasar saham Amerika Serikat akan kolaps, kalautidak terjadi lebih cepat.

Tahun 2010 merupakan tolok ukur, karena di tahun tersebut para generasi babyboomers akan mulai pensiun di Amerika. Ketika itu terjadi, kemungkinannyaadalah pasar saham akan mulai mengempis.

Mengapa pasar saham akan mengalami pengempisan? Ledakanpasar saham sejaktahun 1990 hingga 2010 digerakan para boomers yangmembelanjakan uang mereka selama masa penghasilan puncak dan menaruh uang dalampasar saham untuk pensiun. Pada tahun 2010, peningkatan pesat itu kemungkinanakan berhenti. Ini artinya, para boomers tersebut akan kehilangan mimpi merekaterjamin secara finansial selama pensiun. Sementara itu juga, dibutuhkan waktusekitar 25 tahun untuk memulihkan pasar saham.

Kejatuhan ini pun akan segera membawa efek snow balls berupa kebangkrutan sehinggamakin banyak orang takut diberhentikan dari pekerjaan mereka. Pada saat itulah,makin banyak orang yang sadar bahwa Era Industri telah BERLALU dan aturan duniasudah BERUBAH untuk selama-lamanya.

Pada Era Industri, aturannya dalah Anda bekerja keras dan PERUSAHAAN serta pemerintahyang akan mengurus Anda. Sedangkan pada Era Informasi, aturannya adalah Andaakan mendapatkan yang terbaik dengan mengurus diri sendiri. Maka mereka punmencari peluang jaminan finansial pada bisnis jaringan.

Menurut Kiyosaki, sepanjang sejarah, kebangkrutan mengikutisemua peningkatan secara pesat. Hal ini bisa menjadi berita baik bagi sebagianorang sekaligus berita buruk bagi sebagian orang lainnya. Namun, bagi bisnispemasaran jaringan, dunia adalah wilayah kita. Jika kita memiliki bisnispemasaran jaringan internasional, kebangkrutan bisa menjadi berita baiksebagaimana halnya dengan peningkatan pesat ekonomi. Itulah beberapa alasan,mengapa Kiyosaki melihat MASA DEPAN industri pemasaran jaringan semakin cerah.

Kesimpulan:

  1. Mengapa bisnis pemasaran jaringan lebih unggul? Sistem bisnis pemasaran jaringan adalah PIRAMIDA TERBALIK, yang puncaknya terbuka bagi siapa saja.
  2. Bisnis pemasaran jaringan membuat orang berada pada kuadran B (businessowner) -kuadran tempat orang-orang ultrakaya- sekaligus juga berada pada kuadran E (employee).
  3. Rancangan pendidikan pada bisnis pemasaran jaringan bagus untuk membangun karakter dan kecerdasan emosional seseorang, sekaligus juga keahlian bisnis mereka. Bisnis pemasaran jaringan mendidik orang yang bergabung di dalamnya menjadi seorang pemimpin. Anda didampingi mentor yang akan selalu membimbing Anda, sehingga Andatidak akan pernah merasa sendirian dalam menjalankan bisnis ini.
  4. Investasi dan resiko bisnis pemasaran jaringan LEBIH KECIL dibandingkan membangun bisnis korporat tradisional.
  5. Semakin Anda membantu diri sendiri dan membantu orang lain dalam bisnis pemasaran jaringan, maka Anda akan semakin bertambah kaya.
  6. Kekuatan dan nilai bisnis jaringan selaras dengan DERET UKUR dan hukumMetcalf : Nilai ekonomis sebuah jaringan = Jumlah Pengguna². Era Industri sudah berlalu dan aturan dunia sudah berubah. Di Era Informasi ini, bagi bisnis pemasaran jaringan internasional, kebangkutan bisa menjadi berita baik sebagaimana halnya peningkatan pesat ekonomi.

—–
Sumber : Milis BebasFinansial@yahoogroups.com, Milisnya Grup BebasFinansial Network !

 

4 Komentar leave one →
  1. wayan tangun permalink
    September 18, 2007 7:28 pm

    Singkat, jelas dan inspiratif.

  2. September 18, 2007 10:32 pm

    @wayan tangun

    Thank udah bertamu di blog ini dan berikan komentar.

  3. Oktober 30, 2007 1:48 pm

    add my link ya pak.
    Saya anggota baru REVELL. Tapi pak,..susah banget ya ngajak orang join,..soalnya mereka masih berpatokan sama bisnis2 MLM yang lain pak. Gimana dong,..? Ajari saya ya pak.// thx

  4. Oktober 30, 2007 10:00 pm

    @zarra
    Thanks udah mengunjungi dan mengisi komentar di blog saya

    Ok.. saya udah add link anda di dalam blogroll saya.
    Link saya di add juga ya di Blognya…

    Kalau dilihat dari ID Revell saya mungkin orang pasti bilang sudah lumayan lama, ya..memang saya udah beberapa tahun di Revell.
    Bisnis ini saya jalankan hanya secara online aja, maklum punya kesibukan juga . Bisnis ini akan lebih cepat berkembangnya jika cara online dan offline dipadukan.

    Kalau boleh tahu Upline Anda di Revell siapa? Apakah Anda juga masuk dalam Grup Ten Network atau Bebasfinansial Network?
    Jika anda masuk dalam grup tersebut, pasti akan lebih asyik karena Anda bisa menjalankannya secara online. Karena kedua grup tersebut telah menyediakan support online bagi membersnya termasuk web replika untuk pengembangan jaringan secara online.

    Saya cuma bisa sarankan, jangan cepat putus asa atau berhenti untuk menjalankan bisnis ini. Jalani aja dengan enjoy🙂
    Pelajari System dan Marketing Plan yang ada dan sering-seringlah berkomunkasi dengan upline dan downline anda.
    Dan tentunya Anda harus tetap semangat !🙂

    Jika Ada yang membandingkan dengan MLM lain, itu wajar. Saya juga waktu memilih Revell membanding-bandingkannya terlebih dahulu dengan MLM lain.
    Berikan aja penjelasan mengenai Revell ini apa keuntungan2nya dibanding MLM lain. Berikan penjelasan secara proporsional dan jangan menjelek-jelekkan MLM lainnya.

    Moga tetap semangat ya… Never Give Up

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: