Skip to content

Menjalankan Bisnis di Internet

Agustus 24, 2007

Logo PelbisHari ini genap setahun website saya http://www.pelbis.com online meramaikan bisnis online di dunia maya. Meskipun hanya dengan tampilan sederhana dan minim dari script-script canggih, tapi saya tetap bangga karena hasil karya sendiri🙂
Website tersebut merupakan kumpulan dari beberapa bisnis online yang saya ikuti.

Namun hingga saat ini masih banyak menerima email yang menanyakan bagaimana cara menjalankan bisnis di Internet?
Bagaimana saya bisa mendapatkan wesbite untuk bisa mempromosikannya di internet?
Bagaimana cara mempromosikannya?

Baik… akan saya coba jawab pertanyaan tersebut satu persatu, dan mudah-mudahan penjelasan saya bisa dimengerti. Tapi andainya masih ada yang belum dimengerti bisa langsung email saya atau isi saja komentar di blog ini, Insya Allah akan segera saya respon🙂

Bagaimana cara menjalankan bisnis di Internet ?
Menjalankan bisnis di internet sebenarnya hampir sama saja dengan bisnis yang dijalankan secara offline (tidak melalui internet).
Yaitu kita memperkenalkan produk kita kepada calon pembeli/calon pengguna produk kita. Bedanya dibisnis offline, kita memperkenalkannya dengan secara langsung bertemu muka dengan pembeli atau ada kontak langsung.
Transaksipun langsung pada saat itu. Misalnya pembeli membeli barang, memberikan uang kepada sipenjual, dan sipembeli bisa langsung membawa pulang barang yang dibelinya

Tapi dibisnis online hal ini biasanya tidak secara langsung, bisa saja calon pembeli hanya melihat informasi produk yang kita pasarkan dari website milik kita. Olehnya itu biasanya dan seharusnya dalam website presentase produk di website sebaiknya mencantumkan secara jelas produk yang kita jual, dan ada baiknya juga jika disediakan kolom testimoni yang berisi kesaksian dari pembeli yang telah menggunakan produk kita.
Ini penting untuk menambah keyakinan bagi calon pembeli.
Tak boleh dilupakan juga, agar kata-kata yang digunakan dalam web presentase bisnis menggunakan kata-kata yang bisa memikat bagi calon pembeli untuk membeli atau menggunakan produk kita.

Jadi intinya, di Bisnis Online, website merupakan sarana yang mesti ada untuk memperkenalkan produk kita.

Lalu bagaimana jika ada calon pembeli yang ingin membeli produk yang kita jual secara online (melalui website)?
Jawabnya tergantung bagaimana keterangan dalam website prsentase bisnis tersebut, apakah pelu melakukan order lebih dahulu dengan mengisi formulir order yang ada dalam website atau langsung menghubungi kontak (telepon) yang dicantumkan dalam website.
Untuk pengisian order melalui formulir diwebsite, biasanya data-data yang diisikan oleh calon pembeli akan secara otomatis terkirim ke email pemilik website.
Dan secara otomatis pula, dari server website akan mengirimkan email ke alamat email calon pembeli berisi informasi langkah selanjutnya yang harus dilakukan, misalnya jumlah uangyang harus ditransfer dan ke rekening mana.
Email ini merupakan email autoresponder yang sudah diset oleh pemilik website.
Jadi meskipun pemilik website tidak sedang online, email akan secara otomatis terkirim.

Sipembeli kemudian melakukan langkah sebagaimana yang dia terima dalam emailnya. Setelah melakukan langkah yang diminta, misalnya mentransfer sejumlah uang untuk pembelian produk ke rekening si pemilik website. Selanjutnya si pembeli harus mengkonfirmasikannya ke pemilik website, apakah melalui telepon, email, atau mengisi form konfimasi diwebsite mengenai transfer dananya tadi.

Si pemilik website tersebut kemudian menchek transfer sipembeli, apa benar dananya sudah masuk. Jika benar, sipemilik website segara memproses produk yang dibeli.
Apakah barang itu dikirim via pos (untuk barang-barang fiisk), atau hanya melalui email (biasanya produk ebook, software, dll ).

Jadi di bisnis online, diperlukan email sebagai sarana komunikasi antara sipembeli dan sipenjual (pemilik website).

Bagaimana saya bisa mendapatkan website untuk bisa mempromosikannya di internet?
Untuk bisa mendapatkan website, Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan program pembuat web seperti MS Frontpage, Dreamweaver, dll. Atau menggunakan jasa pembuatan website jika seandainya Anda belum mahir dalam pembuatan website. Sekarang sudah banyak yang menawarkan jasa pembuatan website tersebut.

Yang dibutuhkan untuk bisa memiliki website yaitu :

  1. Harus memiliki domain, domain ini adalah nama dari website kita nantinya (.com, .net, .biz, dll).
  2. Memiliki hosting, ini digunakan untuk meyimpan file-file kita yang telah kita buat, berisi file-file html, php, database, dll. File ini adalah isi website kita.

“Hmmm… kayaknya ribet juga kalau mesti mebuat sendiri dan menyewa domain dan hosting, lha wong saya orangya Cuma tahu ngetik di Word aja🙂 ”

Jangan khawatir ! .. untuk memulai bisnis di Internet, kita tidak mutlak untuk membuat website sendiri. Apalagi kita harus sewa domain dan hosting.
Sekarang banyak bisnis-bisnis online yang menawarkan jasa reseller atau system network marketing.
Pemilik website tersebut memberikan bonus kepada pembelinya jika sipembeli berhasil menjual produk ke orang lain. Ini biasanya disebut reseller, dan biasanya pemilik website juga memberikan website replika kepada pembelinya yang langsung jadi begitu sipembeli telah mengorder produk. Bentuknya sama persis dgn si pemilik website, hanya saja dibelakang URL diikuti dengan username sipembeli.

Contoh URL Replika saya di PlazaPulsa.com :
http://plazapulsa.com/?id=pelbis

Contoh URL Replika saya di BebasFinansial.Com :
http://bebasfinansial.com/?id=abdmalik

Jika Anda perhatikan, dibelakang domain diikuti dengan /?id=pelbis atau /?id=abdmalik, keduanya merupakan kode/username saya di website tersebut.
Website/URL diatas adalah milik saya yang diberikan oleh pemilik website untuk digunakan mempromosikan produk mereka. Jika ada yang mendaftar atau mengorder produk dari website saya diatas, maka secara otomatis saya mendapatkan bonus karena berhasil mempromosikannya dengan website saya.

Sebagian besar bisnis online, menggunakan sistem website replika. Anda bisa coba memilih untuk mengikutinya di http://www.pelbis.com🙂

Bagaimana cara mempromosikannya?
Untuk mempromosikannya bisa dengan menggunakan beberapa fasilitas promosi yang ada di Internet. Misalnya dengan memasang iklan di website iklanbaris, memasang iklan di mailing list, submit URL di search engine, mengirim emal promosi ke kenalan kita, tukar banner, membuat brosur, dll. (bisa dilihat di http://pelbis.com/promosi.html)

Cantunkam alamat website anda secara jelas dalam iklan Anda, jangan sampai salah ketik.  Karena bisa berakibat, sicalon pembeli tidak berhasil masuk ke website Anda. Dan akhirnya peluang produk Anda laku juga akan hilang🙂

4 Komentar leave one →
  1. Januari 3, 2009 1:17 pm

    apakah aku bisa termasuk golongan orang yg berbisnis internet?sedangkan aku cuma lulusan smp?yang blm lincah dgn internet

  2. Januari 4, 2009 9:39 pm

    @ rahmah

    Terima kasih sudah mengunjungi blogku.
    Dan sekaligus mengisi for komentar.

    Saya jawab langsung aja ya.
    Kenapa tidak bisa? Asalkan Anda mau bersungguh sungguh belajar, pasti bisa.
    Di internet banyak informasi yg bisa kita dapatkan untuk mempelajari bisnis di internet. Baik yang gratis maupun yang berbayar.

    Kalau ingin.. teruslah belajar dan memprakekkan ilmu yg telah didapat.

  3. Januari 5, 2009 10:56 pm

    ass wr wb
    salam kenal,saya ratna indrawati rahayu tp biasa dipanggil yayu/buyang,saya tinggal di bsd city tangarang, mau tanya ada ga tip2 jitu menjlankan bisnis online?solanya saya lagi merintis bisnis ini da nbaru sebulan sih tp koq kyaknya msh sepi pengunjung ya/apa situs sy kurang menarik?jgnkan ada yg order yg visit aza msh jarang :)tolong tipsnya ya mas!makasih

    • Januari 6, 2009 10:18 pm

      Salam kenal juga Mbak Ratna…

      Saya sampai saat ini masih belajar soal internet marketing juga kok mbak. Saya belajar di http://belajar.pelbis.com , tips-tips mengenai internet marketing banyak tersebar di internet. Baik yang gratis maupun yang berbayar.

      Website mbak bisa banyak pengunjung dengan cara mempromosikan website tersebut. Tapi tentunya, conten harus dibuat menarik juga agar pengunujung suka mengunjungi website mbak.
      Cara lain dan juga sangat bagus untuk membuat website banyak pengunjung yaitu dengan mengoptimize website kita atau lazim dikenal dengan istilah SEO.
      Dengan SEO ini, kita berusaha agar website kita bisa terindex diurutan atas dalam suatu situs pencari, misalnya google.

      Jika situs kita bisa tampil dalam halaman pertama disitus pencarian, akan semakin banyak yang akan mengunjungi website kita.

      Saya kira itu sedikit tips singkat dari saya🙂, semoga tetap semangat untuk menjalani bisnis online ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: